Selasa, 28 Juni 2011

Kemampuan Belajar & Mengingat

by: kirdy putra
meningkatkan kemampuan belajar & mengingat untuk seumur hidup

Belajar merupakan sebuah proses seumur hidup bagi setiap orang. Apapun hasil yang diperoleh seorang individu dari proses belajar yang berkelanjutan dalam kehidupannya merupakan hal yang sangat berharga. Banyak aspek yang dapat diperoleh dari proses belajar, apakah belajar sebuah skill baru untuk keperluan dalam pekerjaan, atau mempelajari topik-topik yang menarik untuk keperluan personal misalnya. Semua orang dapat memperoleh keuntungan dari proses belajar yang terus-menerus.

Banyaknya keuntungan yang dapat kita peroleh dari proses belajar, dibarengi juga dengan banyaknya faktor yang bisa menghambat proses belajar. Dua faktor dalam individu yang terpenting adalah rendahnya rasa penghargaan terhadap diri dan kurangnya motivasi. Kebiasaan belajar yang buruk, daya ingat yang rendah, kurangnya apresiasi, gizi yang buruk, dan bahkan beberapa jenis pengobatan dapat memiliki efek samping terhadap kemampuan seseorang menyerap dan belajar sesuatu yang baru. Untungnya, hypnotherapy dapat membantu mengatasi banyak masalah seperti ini. Motivasi merupakan hal yang bersifat emosional, dan datang dari dalam diri seseorang. Dengan mengetahui keuntungan dan hasil dari sebuah pencapaian tidaklah cukup. Perasaan atas keinginan yang sangat kuat untuk mencapai semua hasil itulah yang paling penting. Jika kita memiliki terlalu banyak keinginan pada saat yang sama, kita akan mengalami kesulitan untuk fokus pada tujuan kita, karena banyaknya keinginan-keinginan tersebut menghabiskan waktu dan perhatian kita. Ada kalanya keinginan-keinginan kita dapat melemahkan kekuatan kita dalam mencapai suatu tujuan, atau hanya sedikit dari tujuan kita yang akan tercapai. Seorang individu sebaiknya mampu menetapkan prioritas dirinya. Hypnotherapy dapat membantu kita untuk lebih mampu menetapkan prioritas-prioritas dan menguatkan fokus pada tujuan kita.

Penghargaan pada diri sendiri merupakan suatu hal yang menyatu dengan apresiasi dan keberhasilan. Menentukan tujuan jangka pendek sebagai langkah untuk mencapai tujuan jangka panjang merupakan salah satu langkah awal. Setiap kali sebuah tujuan dicapai; seseorang sanggup mengenali keberhasilan mereka dan memberikan apresiasi terhadap diri mereka sendiri. Hypnotherapy mampu membentuk pola ini dalam sikap diri seseorang.

Kebiasaan belajar yang baik mencakup manajemen waktu dan mengabaikan berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatian kita. Pengaturan waktu yang buruk dapat menyedot kondisi energi dan emosi seseorang. Pengaturan waktu yang baik mencakup mengorganisir pekerjaan; memilah-milah pekerjaan besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil, yang lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan. Pengalih perhatian dapat dihilangkan dengan mudah, salah satunya adalah dengan memilih lokasi yang ditentukan khusus untuk belajar.

Untuk memulai belajar, kita dapat mengkondisikan diri kita di tempat tersebut, segera tinggalkan tempat belajar tersebut ketika konsentrasi kita mulai menjadi sulit, atau ketika kita telah selesai belajar di waktu itu. Tempat belajar sebaiknya bebas dari berbagai ganguan yang bisa mengalihkan perhatian kita (seperti TV, Radio, dan tidak ada orang-orang yang hilir mudik setiap saat).

Saat kita belajar, sesungguhnya kita menggunakan tiga tipe memori: Sensory Memory, Motor Skill Memory, dan Concept Memory. Sensory Memory merupakan ingatan yang berhubungan dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, perasa, dan sentuhan. Motor Skill Memory merupakan ingatan yang berhubungan dengan gerakan dan koordinasi (seperti naik sepeda, mengetik, menari, dll). Concept memory berhubungan dengan kata-kata dan gagasan/ ide. Salah satu cara yang baik untuk belajar adalah membaca secara garis besar di awal, dan mengecil pada hal-hal yang lebih spesifik. Hal ini menolong untuk mempermudah dan mempercepat pemahaman, serta menghindari dari materi bacaan yang tidak relevan.

Buruknya gizi dan akibat dari pengobatan menghasilkan masalah yang berbeda. Konsumsi protein yang terlalu sedikit dalam beberapa macam diet terkadang menyebabkan terjadinya kurang konsentrasi, dan juga masalah stamina dalam berpikir. Obat-obatan dengan jenis Antihistamine serta beberapa jenis pengobatan tertentu dapat menyebabkan rasa kantuk, yang juga membuat keadaan sulit berkonsentrasi. Beberapa jenis pengobatan bahkan memblok beberapa kerja syaraf di dalam otak kita. Dalam kasus ini, dibutuhkan campur tangan dokter medis sembari menjalani program Hypnotherapy.

Bagi kebanyakan orang, hypnotherapy telah berhasil memberikan hikmah, pelajaran, panduan, dan petunjuk untuk menentukan tujuan dirinya untuk belajar, meningkatkan penghargaan pada diri sendiri, serta membentuk motivasi dari dalam diri. Hasil yang dicapai: meningkatnya kemampuan belajar dan terjadinya perbaikan dalam ingatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar